1.18.2015

Makna Lagu || Beside - Aku Adalah Tuhan

Pada kesempatan kali ini gue akan mengartikan makna lagu yang dibawakan oleh BESIDE yang berjudul AKU ADALAH TUHAN. Mungkin dibenak kamu kamu semua ini lagu adalah anti tuhan, pemuja setan, tak bermoral, tidak beragama, apatis, dsb. Oke sah sah aja sih tapi jujur gue meskipun gak lama berkecimpung di dunia musik merasakan betapa sulitnya membuat lirik lagu. *curcol deh :-D
Gini aja deh kamu kamu coba baja liriknya dulu aja deh, entar gue lurusin agar kamu kamu gak selalu negatif menilai suatu karya. Check This Out !

Aku lah derita, Aku bahagia,
Akulah gelak tawa Dan aku airmata,
Aku binatang, Akulah setan.. .
Untuk diriku sendiri aku adalah tuhan

Hati pikiran dan indraku adalah miliku
Atas nama jiwa , atas nama diri,
Aku tuhan untuk diriku sendiri

Kulangkahkan kakiku menuju surga
Kulangkahkan kakiku menuju neraka!
Setiap hak yang ku hirup adalah hak
Setiap hak yang ku miliki kan ku genggam

Atas nama jiwa , atas nama diri,
Aku tuhan untuk diriku sendiri

Kalian mencoba merubah takdirku
Dengan menyeret rentanya sayap jiwaku
Mencoba membungkam nafas pikiranku
Caci makiku untuk kalian.

Bebaskan hempaskan setiap rantai kekang di otakmu
Bebaskan hempaskan setiap caci maki yang terucap
Teriakan setiap nafasmu.. .

HHmmm.. memang terdengar kontroversi sekali lirik ini, tapi jangan anggap ini adalah atheis dan kami bukanlah atheis. Sebenernya dalam bahasa indonesia ituh cakupan kata Tuhan luas, akan tetapi yang berkuasa atas segalanya, atau apalah.. . tapi Allah SWT cuma satu cakupannya dan temen2 tau apa itu.. . Bro Bro Beside ini bikin lirik tersebut berdasarkan pengalaman kita sehari hari, mungkin pengalaman kamu kamu juga. Simple sih, dimana terkadang dalam hari hari kita di isi oleh suatu hal yg kadang kita benci dan ga pernah mau buat jalanin hal itu. Mungkin contoh mudahnya, agar mudah dimengerti! seperti salah satu dari kamu kamu di paksa memilih fakultas sama orang tuamu, contoh aja kamu bagi cowok cowok disuruh ambil fakultas kecantikan atau tata busana, sedangkan yang cewek cewek hobi nyalon disuruh ambil fakultas mesin, otomotif, teknik industri, yang sama sekali kamu kamu itu gak memiliki bakat atau gak mau terjun dalam dunia kefakultasan tersebut, tapi orang tua kamu maksa habis habisan seakan mereka tau apa yang terbaik buat kamu kamunya, atau kamu dipaksa untuk pindah agama misalnya.. . padahal kamu gak pernah yakin dengan agama yang mereka paksain buat kamu kamu semua.
Apa kalian mau hidup di kendalikan orang orang sekitar kamu kamu semua? Padahal kamu kamu lebih tau apa yang kamu inginkan, dan tau yang kamu kamu inginkan itu justru yang terbaik buat kalian.. selama itu tidak merugikan orang lain, lakukan apa yg kalian mau (selama itu tidak mengganggu dan tidak merugikan pihak lain). Karna kamu kamu maha kuasa atas diri kamu sendiri. pikiran kamu panca indra kamu selama kamu hidup didunia, itu milik kamu, sekali lagi, kamu punya kuasa atas diri kalian sendiri untuk menentukan mau jadi apa kalian nanti, dan kamu kamu semua jugaharus bisa menerima resiko yang akan kamu terima di ibaratkan kalian tuhan untuk diri kalian sendiri. (garis bawahi di DI IBARATKAN !!) Intinya kebebasan, intinya tentang sebuah HAK, hak untuk bebas, hak lepas dari kekangan, hak memiliki pemikiran sendiri, kamu kamu mau jadi sampah bagi masyarakat, kamu kamu mau jadi malaikat buat hidup kalian,bahkan kalian mau jadi setan sekalipunn, bebaskan saja. Kalian punya kuasa penuh buat diri kamu sendiri. Kalian maha kuasa untuk diri kalian sendiri. Jadi inget quote nya Alm. Ivan Scumbag : Baik buruk ini jalan hidupku !
Menurut gue itu emang bener, Apa ini ada sangkut pautnya dengan atheis ? apa ini ada sangkut pautnya dengan sara atau penodaan agama ? jauh bahkan tidak ada indikasi berbicara soal penodaan. aku adalah tuhan membicarakan HAK atau kebebasan, bukan menyamaratakan diri kita dengan tuhan, jadi baca dulu liriknya  don't judge a book from the cover, ini zaman maju bro bukan jaman purba. Oke sekian pengupasan lagu AKU ADALAH TUHAN dari BESIDE, terima kasih sampai bertemu di episode selanjutnya, dan buat bro bro beside kalian luar biasa !

8 komentar:

  1. Ga seribet itu bro
    Yg jelas itu mencerminkan sikap kita
    Dimana kita ,,bersikap seolah kya ,setan,binatang dan tuhan,
    Kita manusia bukanlah mahluk sempurna
    Ke khilafan kita kya binatang
    Ke khilafan kita seperti setan,dan
    Ke khilafan kita seperti tuhan
    Kalo lo masih belum faham gw contohnya
    gw bukanlah mahluk sempurna keserakahan dan kemarahan gw yg mencerminkan perbuatan binatang ,dan setan
    Selebihnya No coment lo cerna sendiri
    Lagu ini di rangkum dgn bahasa psikopat
    Klo lo masih gafaham lo tanya viki prasetio
    Dia smart dgn bahasa itu
    Orang ngira bahasanya gaje ga penting
    Yg jelas gw salut karena dia brani pake bahasany di publik.
    Kalo lo masih belum faham
    Lo ambil fakultasnya
    Kalo lo masih belum faham
    Lo coba blajar
    Kali lo masih belum faham juga wkwkwk
    Salam psikopat
    Gw ini tai,anjing

    BalasHapus
  2. gw paham maksud dari lirik ini, tapi kalo menyangkut nama Tuhan ga bisa sembarangan dipake kiasannya, kalo memang ada satu agama yg dianut (bukan atheis) coba pelajari lagi, tiap agama punya aturan dalam penggunaan istilah Tuhan itu sendiri.
    Bebas bukan berarti tak terbatas...

    BalasHapus
  3. Semua lirik dari lagu,,bisa di artikan sendiri2 oleh penikmat musik,biarkan penikmat musik berimajinasi dengan otak masing2...lirik di atas kurang lebih terserah ini kehidupan ku,,kulangkahkan kakiku menuju surga atau neraka itu terserah saya,,saya mau jadi presiden,,pak ustad,,penjahat,,terserah saya sendiri..

    BalasHapus
  4. sok tau lo pada ...urus idup sendiri aja dulu ngapain ngurusin lirik lagu !!!

    BalasHapus
  5. Sudah kuduga pasti ada suatu makna tersembunyi kenapa lirik ini diciptakan

    BalasHapus
  6. Manusia diberikan kekuasaan untuk menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri bro (aku adalah Tuhan untuk diriku sendiri) jadi bukan untuk disembah bro wkwkwk

    BalasHapus
  7. Memang betul itu mah.dapat diartikan tuhan yesus pakailah tubuhku untukmu tuhan.disaat tuhan yesus menyatukan ke diri kita.saat itu kita bisa melakukan apa yg tuhan yesus lakukan.betul itu

    BalasHapus
  8. Ku berdoa kepada tuhan yesus.agar lagu ini tenar lagi.disaat negeri ini sudah gk ada yg korupsi.puji tuhan .amen

    BalasHapus